Posted by : Branz Santa Ginting Wednesday, 24 April 2013

Pengertian USB Flash Drive (Flash Disk) adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari memori flash dengan terintegrasi interface Universal Serial Bus (USB). USB flash drive bersifat removable dan dapat ditulis ulang (re-write), dan secara fisik ukurannya jauh lebih kecil daripada floppy disk, beratnya kurang dari 30 gr. Kapasitas penyimpanan UFD sebesar 2 terabyte telah direncanakan untuk diciptakan.

Pada beberapa UFD memungkinkan dapat menulis / menghapus sampai 100.000 siklus ini tergantung pada jenis dari chip memori yang digunakan dan dapat menyimpan selama 10 tahun. USB flash drive yang sering digunakan untuk tujuan yang sama dengan disket atau CD-ROM. UFD lebih kecil, lebih cepat,memiliki kapasitas lebih besar dan lebih tahan lama. USB Flashdisk menggunakan USB mass storage standar, didukung oleh sistem operasi modern, seperti Linux , Mac OS X , Windows , dan Unix. USB drive dengan dukungan USB 2.0 port dapat menyimpan lebih banyak data dan mentransfer data yang lebih cepat dibandingkan disk drive optik lainnya seperti CD-RW atau DVD-RW drive dan dapat dibaca oleh sistem lain seperti Xbox 360 , PlayStation 3 , pemutar DVD dan dalam beberapa ponsel smartphone.

Penemu

 Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988.

NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data, memberikan akses secara acak terhadap semua lokasi memori. Tetapi sangat bagus untuk menggantikan ROM model lama, di mana memungkinkan untuk mengupdate kode program yang tersimpan. Contoh adalah BIOS

NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan yang lebih cepat, membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya. Dengan bertambahnya kapasitas tetapi biaya bisa ditekan menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage.

Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000

Produk komersial Pertama

Trek Teknologi dan IBM mulai menjual Flash Disc pertama secara komersial pada tahun 2000. Singapura Trek Teknologi menjual model dengan merek “thumbdrive”, dan IBM memasarkan drive tersebut pertama kali di Amerika Utara dengan produk bernama “DiskOnKey” yang dikembangkan dan diproduksi oleh M-Systems sebuah perusahaan yang berbasis di Israel. Memiliki kapasitas penyimpanan 8 MB , lima kali lebih besar daripada kapasitas disket pada waktu itu.  Pada tahun 2000 Lexar memperkenalkan Compact Flash (CF) dengan koneksi USB, dan kabel USB untuk hub USB.

Generasi Kedua

Modern flash drive menggunakan USB 2.0 konektivitas. Namun, UFD saat ini tidak menggunakan penuh kecepatan transfer 480 Mbit/s (60MB / s). Kecepatan transfer file bervariasi pada UFD, Kecepatan dalam satuan Mbyte per detik seperti “180X” berarti 180 x 150 KiB/s. Beberapa UFD dapat membaca data hingga 30 megabyte / s (MB / s) dan menulis data sekitar setengahnya. Kecepatan Transfer Ini sekitar 20 kali lebih cepat dari USB 1.1 pada kecepatan penuh yang terbatas pada kecepatan maksimum 12 Mbit / s (1,5 MB / s).

Generasi Ketiga

Seperti USB 2.0 sebelumnya, USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer data secara dramatis meningkat dibandingkan dengan pendahulunya. USB 3.0 mampu mencapai kecepatan transfer hingga 5Gbit / s, dibandingkan dengan USB 2.0 ‘s 480 Mbit / s. Semua perangkat USB 3.0 ke bawah kompatibel dengan port USB 2.0. Meskipun USB 3.0 memungkinkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, tapi sebagian besar USB 3.0 Flash Drives tidak memanfaatkan kekuatan penuh dari interface USB 3.0 karena keterbatasan kontroler memori mereka.
Desain dan implementasi Salah satu ujung perangkat ini dilengkapi dengan satu konektor Standar yaitu USB . Ada empat bagian yang biasanya ada didalam flash drive:
  • Standar konektor USB – menyediakan antarmuka ke host komputer.
  • Penyimpanan massal USB controller – mikrokontroler kecil di dalam chip ROM dan RAM .
  • NAND flash chip memori – menyimpan data (flash NAND biasanya juga digunakan dalam    kamera digital ).
  • Osilator kristal – menghasilkan utama perangkat 12 MHz sinyal clock dan kontrol data output perangkat melalui sebuah phased-locked loop.





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright 2012 © All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Follow by Email

Taruh Kode Shoutmix mu di sini

- Copyright © 2013 Share All About Technology -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -